Tips dan Strategi Membangun Rumah Budget 50 Juta Sampai Beres

2 min read

Membangan  rumah dengan budget 50 juta mungkin bagi sebagian orang benar-benar tidak rasional. Pertimbangannya tentu karena melihat harga properti dan material bangunan yang semakin mahal. Jadi banyak orang menilai rasanya ini sulit untuk bisa terealisasi. Padahal sebenarnya hal tersebut sangat relatif. Kamu  bisa mendapatkan rumah dengan biaya 50 juta saja asalkan mampu cermat dalam mengatur anggarannya. Terdapat  banyak cara yang bisa dilakukan guna melakukan penghematan anggaran. Salah satunya ialah dengan mengadopsi konsep rumah minimalis. Desainnya yang simpel memberikan kemudahan perancangan dan kesederhanaan desainnya akan mampu meminimalisir biaya pembangunan.

Strategi Cerdas Bangun Rumah 50 Juta Sampai Beres

Perihal membangun rumah bisa dipastikan semua orang mempunyai prinsip yang sama yakni mendapatkan rumah sebagus-bagusnya dengan biaya serendah-rendahnya. Dan untuk mewujudkan prinsip itu diperlukan komitmen dalam merencanakan segala hal yang berkaitan dengan pembiayaan. Nah itulah yang akan kita bahas. Tetapi , sebelum masuk ke pembahasan yang lebih substansial, mari kita sepakati terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut.

1. Rumah Kamu  Akan Berkonsep Rumah Minimalis

Hal utama yang harus kita sepakati agar misi penghematan membangun rumah berhasil ialah berkaitan dengan konsep desain rumah Kamu . Harus disepakati terlebih dahulu bahwa rumah yang sedang Kamu  bangun ini akan mengusung konsep rumah minimalis. Seperti kita tahu bahwa rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang sedang ngetren di dunia properti saat ini. Selain modern, keuntungan dari menerapkan konsep ini ialah Kamu  akan lebih hemat secara pembiayaan. Pengadaan perabot juga terbatas tetapi  tetap mempertahankan tampilannya yang elegan. Dengan sedari awal Kamu  sudah berkomitmen untuk membangun rumah minimalis, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan pembiayaan tambahan tidak akan terlalu memaksa Kamu . Sebab, cukup dengan menerapkan prinsip desain rumah minimalis mulai dari eksterior hingga interior rumah Kamu .

2. Konsep Rumah Tumbuh

Pada dasarnya untuk membangun rumah dengan biaya yang minim, Kamu  harus sadar sesuatu. Bahwa rumah impian Kamu  tidak akan tercukupi pembiayaannya secara sempurna sesuai yang diinginkan. Oleh karenanya Kamu  harus berprinsip “yang penting bisa dihuni” terlebih dahulu. Nah, untuk penyelesaiannya bisa Kamu  tunda sampai uang Kamu  terkumpul lagi. Salah satu cara untuk mewujudkan itu ialah dengan menerapkan konsep rumah tumbuh pada desain rumah Kamu .

Konsep ini memungkinkan rumah Kamu  bisa direnovasi ketika perlu penambahan ruangan utamanya perluasan vertikal (tingkat). Jadi pada bagian rangka atas tidak perlu dibuat permanen. Dengan membangun rumah minimalis berkonsep rumah tumbuh maka Kamu  tidak perlu khawatir apabila suatu saat nanti hendak melakukan penambahan ruang.

3. Rumah Blong/Minim Sekat

Strategi lain yang bisa Kamu  terapkan untuk memangkas biaya pembangunan rumah Kamu  ialah dengan menerapkan desain interior rumah blong (minim sekat). Rumah blong atau interior minim sekat akan berdampak pada beban biaya yang lebih kecil karena pengadaan perabot dan pembiayaan desain interiornya lebih sedikit.

Tips Cermat Bangun Rumah 50 Juta Minimalis

Setelah Kamu  menyepakati hal-hal di atas, selanjutnya Kamu  bisa mengkalkulasi sendiri item-item yang memerlukan pembiayaan. Plus, juga perkiraan biaya yang diperlukan untuk masing-masing item tersebut sesuai dengan kondisi pasar di lingkungan Kamu . Ulasan berikut akan sedikit membantu Kamu  soal bagaimana mengatur budget 50 juta menjadi sebuah hunian minimalis modern.

1. Komitmen desain

Yang dimaksud dengan komitmen disini ialah bahwa Kamu  harus menyadari ekspektasi anggaran 50 juta Kamu  akan dibelanjakan kemana saja. Bila  diasumsikan biaya mendirikan bangunan per meter persegi ialah 2.000.000 rupiah maka pastikan perencanaan Kamu  membuat rumah minimalis type 25. Dengan rumah seluas itu Kamu  dituntut untuk bisa mengalokasikan dana yang ada. Meski begitu, Kamu  harus tetap berprinsip rumah Kamu  yang penting siap huni terlebih dulu. Masalah finishing dan penambahan dekorasi bisa Kamu  usahakan sembari mengumpulkan dana lagi nantinya.

2. Belanja material murah

Meski sebenarnya bertolak belakang dengan keinginan memiliki rumah dengan bangunan yang berkualitas, tetapi  memilih material yang murah akan sangat membantu upaya penghematan Kamu . Jadi pilihlah material bangunan yang standar saja, murah boleh saha tetapi  dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

3. Tukang profesional

Pentingnya memilih tukang bangunan/kontraktor yang profesional ialah sebab kinerja yang efektif akan berdampak pada proyek yang berjalan tepat waktu dan hemat. Potensi pembengkakan biaya akibat ketidak beresan pekerjaan akan terminimalisir.

4. Susunan bangunan

Berikut ini beberapa item bangunan yang setidaknya perlu Kamu  perhatikan perencanaanya.

– Dinding

Dinding luar sebaiknya tersusun dari batu bata dengan finishing aci/plester.

– Atap

Untuk rangka atap akan lebih murah terbuat dari baja ringan dibandingkan kayu.

– Lantai

Bila  membeli keramik dirasa mahal Kamu  bisa malapisi dasar lantai dengan karpet (untuk sementara).

– Plafond

Bila  rangka atap rumah Kamu  sudah bagus, maka tidak perlu dipasang plafond, cukup ditutup dengan gypsum rangka besi.

– Untuk keperluan lain bisa Kamu  sesuaikan dengan kebutuhan, termasuk perabotan.

Utamakan terlebih dahulu perabot yang urgent untuk sebuah ruangan. Bila  dana Kamu  sudah terkumpul lagi bisa beli tambahannya.

Nah itu dia tips mem-bangun rumah 50 juta saja. Pada intinya, untuk mendapatkan rumah dengan biaya yang minim memang mengharuskan Kamu  untuk pandai-pandai mengatur alokasi dana. Jadi bereksperimenlah dengan cermat untuk mendapatkan rumah idaman Kamu . Sekian dulu artikel tentang strategi bangun rumah 50 juta yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Kamu  sekalian.

Prospek Genteng Aspal Pada Atap Rumah Berdesain Minimalis

Salah satu bahan yang paling difavoritkan untuk atap rumah berdesain minimalis adalah genteng, sebab akan jauh lebih baik dalam menahan panas. Di Indonesia sendiri...
admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *