Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Keramik Lantai

Bahan pelapis lantai ada banyak macamnya. Tersedia secara luas di pasaran dengan berbagai macam variasi pilihan. Mulai dari berbagai macam bentuk, tekstur, warna material, variasi yang dapat anda temukan di toko keramik. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai untung rugi menggunakan keramik lantai.

Keramik lantai

Keramik Lantai biasanya berbentuk segi empat ataupun bentuk lain. ceramic merupakan produksi dari suatu pabrik. Proses pembuatan keramik melalui pembakaran dengan suhu tinggi, sehingga menghasilkan bentuk keramik yang keras dan halus permukaan nya. Keramik umumnya dibentuk dengan ukuran tertentu, dipotong-potong agar dapat mudah dipasang untuk kebutuhan lantai.

Dari sisi harga, biasanya keramik memiliki harga yang relatif rendah. Keramik dikenal sebagai pelapis lantai yang murah harganya. Keunggulan lain keramik adalah bahannya yang keras sehingga tahan terhadap benturan. Keramik Mampu menahan beban yang sangat besar, misalkan benda-benda di dengan massa besar seperti misalnya lemari, freezer, ataupun peralatan yang memiliki ukuran besar lain nya.

Kelebihan lain keramik adalah dapat dengan mudah dibentuk dan dipotong. Pada proses cutting keramik lantai Anda bisa menggunakan gerinda untuk memotong keramik lalu membentuknya sesuai dengan keinginan anda. Ada kalanya memang Anda membutuhkan pemotongan keramik untuk menyesuaikan bentuk-bentuk tertentu pada lantai. Dengan gerinda anda akan mudah memotongnya mengikuti pola-pola yang anda buat. Pemotongan keramik akan lebih mudah dengan menggunakan media air. Saat Anda memotong keramik masukkanlah ke dalam air atau siramlah dengan tetesan air. Selain mengurangi debu tetesan air akan menyebabkan proses pemotongan berlangsung lebih mudah dan cepat.

Warna keramik yang mengkilap merupakan salah satu sisi yang menarik. Anda tidak perlu  coating keramik untuk membuat keramik menjadi mengkilap. Keramik yang dipasang pada lingkungan yang bercahaya ia akan memantulkan warna yang terang dan akan membantu pencahayaan ruang tersebut. Saat ini teknologi keramik lantai sudah cukup maju, ada banyak produsen sudah menggunakan 3d ceramic printing untuk mendesain keramik lantai yang menarik. Keramik lanatai masa kini sudah bisa menyerupai material alam, misalkan anda dapat menemukan keramik yang mirip kayu sungguhan, tampilan jenis keramik lantai ini serupa dengan material kayu alami.

Keramik juga merupakan bahan yang mudah untuk dibersihkan. Anda tinggal menyediakan lap basah atau kain pel lalu menyeka secara perlahan untuk membersihkan keramik dari kotoran debu. Keramik juga tahan terhadap goresan sehingga akan lebih awet. Perawatan dengan alat semacam ceramic vacuum cleaner akan membuat keramik anda lebih mengkilap.

Karena material keramik lantai dibuat dalam suhu yang sangat tinggi, maka ia tahan terhadap cuaca yang ekstrim sekalipun. Saat keramik terus-menerus terkena sinar matahari, warnanya tidak akan pudar. Saat musim dingin dan musim panas datang secara bergantian warna keramik jika tidak akan pudar, tidak akan terjadi pengembangan atau penyusutan secara ekstrem.

Kelemahan keramik

Meskipun menggunakan keramik banyak memiliki keuntungan, namun dari beberapa Sisi keramik juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan keramik adalah ketika anda ingin mengganti atau merenovasi lantai keramik, maka anda tidak akan dapat menggunakan keramik yang lama untuk Anda pasang lagi. Keramik yang sudah diambil dari posisinya atau sudah dibongkar tidak akan dapat digunakan kembali. Karena keramik akan pecah saat dibongkar. Misalnya anda ingin merenovasi lantai keramik dapur, anda harus membongkar keramik lamantai dapur.

Tingkat getas yang tinggi pada material keramik, menyebabkan keramik tidak dapat menahan terhadap ratakan. Sehingga ketika ada benturan dari Palu saat pembongkaran keramik akan menyebabkan keseluruhan keramik menjadi pecah dan tidak dapat digunakan lagi. Ini terjadi terutama pada keramik yang tipis. Keramik yang tipis akan sangat rapuh dan mudah terpecah. Untuk proses bongkar dan pasang keramik yang baik anda memerlukan ahli / tukang pasang keramik yang berpengalaman.

Sebaiknya belilah keramik yang memiliki ketebalan di atas 1 cm. Keramik dengan ketebalan di atas 1 cm tidak akan mudah pecah saat dipasang ataupun ketika berbenturan dengan benda keras lain. Pilihlah keramik dengan kualitas utama. Karena keramik dengan kualitas utama memiliki presisi yang tinggi, sehingga saat dipasang di lantai tidak akan ada jarak di antara 1 potongan keramik dengan potongan keramik yang lain.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan keramik pada lantai akan membuat lantai rumah anda lebih bagus dan dapat menghemat budget anda dalam membangun atau merenovasi rumah.