6 Model Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Nyaman dan Kekinian

3 min read

Apakah anda sedang mencari ide seputar desain rumah minimalis 2 lantai? Jenis hunian ini memang masih diminati sampai sekarang, terutama oleh orang-orang di perkotaan yang mempunyai lahan terbatas. Kendati luas lahannya tak seberapa, rumah minimalis idaman Anda masih bisa dirancang jadi tempat yang nyaman dengan membangunnya secara vertikal. Artikel kami kali ini akan membahas seputar hal tersebut, silakan disimak.

Rekomendasi desain rumah minimalis 2 lantai 2020

Seperti tren pada tahun-tahun sebelumnya, ada sejumlah desain yang dapat Anda pertimbangkan. Entah untuk desain rumah minimalis tingkat 2 type 36 atau jenis lainnya. Mungkin saja beberapa rujukan ini bisa memberi anda tambahan inspirasi.

Alami dan natural

Membangun taman pada desain rumah minimalis di lahan terbatas bukan hal mustahil. Anda hanya perlu mengakali design rumah yang sedang dirancang. Sebelum pembangunan dilakukan, pastikan denah hunian sudah menyertakan petak khusus untuk taman. Akan lebih baik kalau posisinya mengarah ke ruang keluarga atau kamar untuk memaksimalkan pencahayaan. Periksa juga bagaimana posisinya saat dilihat dari lantai dua. Posisi dan keberadaan taman di dalam rumah akan memberikan kesan yang lebih natural untuk.

Sederhana dan klasik

Bukan hal mustahil untuk mengombinasikan konsep lain pada desain rumah minimalis 2 lantai sederhana. Misalnya, kalau Anda ingin menambahkan unsur klasik, gunakan komponen dan material berbahan dasar kayu. Tak hanya memberikan kesan alami, kayu juga akan membuat hunian lebih hangat dan hidup. Rumah-rumah di Korea bisa Anda jadikan sebagai contoh untuk membuat design rumah minimalis tingkat 2 dengan sentuhan klasik. Jika anda ingin lebih jauh, rumah klasik ala eropa mungkin saja bisa anda ambil beberapa bagian sebagai tambahan inspirasi desain, misalnya saja keberadaan cerobong asap khas eropa, bisa anda adopsi untuk rumah di pegunungan.

Santai seperti di pantai

Hunian beach style di beberapa negara umumnya mengadopsi gaya arsitektur rumah modern maupun minimalis. Sekarang, tak sulit bagi Anda untuk mengaplikasikannya, terutama untuk desain model rumah minimalis 2 tingkat dengan kolam renang. Salah satu keunggulan dari konsep ini adalah pemakaian pencahayaan natural yang maksimal. Warna-warna seperti putih pasir dan kayu dengan ornamen dekoratif adalah ciri khas lain yang bisa ditemukan pada hunian beach style. Untuk tambahan aksesories bisa anda tambahkan funiture ala pantai di sekitar kolam renang, misalnya kursi malas lengkap dengan meja dan payung nya. Hal ini akan memberikan kesa “liburan” setiap kali anda berada di area kolam renang.

Tenang dengan bebatuan alam

Seperti desain kesatu, konsep ini menonjolkan suasana tenang dengan mengandalkan elemen alami, yakni bebatuan alam. Pada design rumah minimalis tingkat 2 ini, bebatuan bisa digunakan untuk membangun dinding, pagar, maupun lantai. Untuk mengimbangi konsepnya, Anda bisa padukan dengan bahan bangunan lain seperti kaca. Pastikan juga penempatan bebatuan berada di lokasi yang tepat untuk mencegah pelapukan.

Dalam konsep desain rumah yang kita bahas ini, selain kaca, ornamen kayu juga sangat padu dengan material batu alam. Paduan coklat kayu akan terasa serasi dengan balutan batu alam yang warna warni nya menonjolkan sisi natural.

Tidak hanya di area luar rumah, batu alam juga bisa diaplikasikan pada area indoor agar kesan natur nya lebih kental. Pemberian unsur material batu alam pada taman kering di dalam rumah misalnya, keindahan yang dihasilkan akan semakin membuat anda nyaman di dalam rumah.

Kekinian dengan industrial

Sampai tahun ini, konsep industrial masih digemari orang-orang yang mendambakan rumah model minimalis 2 lantai modern. Untuk menyeimbangkan sentuhan modern dengan minimalis, material seperti kayu akan digunakan untuk membuat lantai atau perabot. Sementara material besi dan baja bisa dipakai sebagai bahan tangga atau kosen pintu dan jendela. Kombinasi keduanya menciptakan hunian minimalis yang nyaman sekaligus unik. 

Penggunaan unsur logam terutama besi tempa dengan finishing glosy metal akan semakin memberikan kesan vintage, walaupun desain nya secara konsep adalah industrial. Seperti kita ketahui desain vintage juga sangat digemari banyak kalangan, dimana desain rumah tersebut menonjolkan kesan kuno namun tetap mewah dipandang.

Perluas memakai kaca

Salah satu trik klasik untuk memberikan kesan luas pada design rumah jenis tingkat 2 ini adalah menggunakan kaca. Pada sejumlah desain, kaca dimanfaatkan sebagai pengganti salah satu dinding yang menghadap sumber cahaya alami, yakni matahari. Ada juga yang menggunakannya untuk seluruh bagian rumah. Pemasangan kaca yang tepat pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 pun akan membuat hunian terkesan mewah nan elegan.

Untuk area ruangan terutama bagian interior, penggunaan cermin juga cukup bermanfaat dalam membantu memberikan kesan luas pada sebuah ruangan, sebab pantulan bayangan cermin akan menjadikan luas area suatu ruangan berubah menjadi 2 x lipat luasnya. Pada area kamar tidur keberadaan cermin yang luas juga dirasa akan cukup membantu kesan luas pada ruangan tersebut. Selain sebagai sarana make up untuk para wanita, tentu saja fungsi cermin di dalam kamar juga penting untuk memantulkan cahaya dan bayangan.

Tip tambahan untuk membuat desain rumah minimalis 2 lantai

  • Optimalkan bentuk-bentuk dasar geometris untuk menonjolkan hal-hal esensial sekaligus fungsional pada hunian Anda. Selain itu, bentuk dasar geometris akan memudahkan proses pengukuran hingga pembangunan. Dengan begitu, Anda bisa langsung menemtapi hunian setelah design rumah minimalis tingkat 2 rampung diwujudukan;
  • Pastikan selalu ada ‘kesenggangan’ pada ruangan-ruangan dalam rumah 2 lantai keren berkonsep minimalis. Hal tersebut bertujuan untuk mengapresiasi kesederhanaan sekaligus keindahan ruangan yang akan Anda jadikan point of interest. Cek beberapa contoh design rumah minimalis tingkat 2 untuk mendapatkan gambarannya;
  • Alih-alih membangun dinding tembok yang bersifat permanen, gunakan sekat seperti lemari atau pintu kaca untuk membatasi ruangan. Dengan adanya partisi portable ini anda akan sangat bebas menentukan denah ruangan, dan dapat mengubahnya kapan saja dengan cepat dan tanpa biaya. Jadi kapanpun anda mau bagian bagian ruangan bisa anda geser geser untuk mecari posisi yang ideal. Peniadaan pembatas pun bisa dilakukan pada ruangan-ruangan yang fungsinya berkesinambungan, misalnya ruang makan dan dapur. Hal ini akan membuat Anda lebih bebas bergerak dan membuat hunian terlihat lebih luas.

Para pembaca desainrumahanda.net itulah tadi pembahasan mengenai desain rumah minimalis 2 lantai. Semoga informasi ini dapat membantu Anda menemukan konsep tepat untuk hunian impian!

Prospek Genteng Aspal Pada Atap Rumah Berdesain Minimalis

Salah satu bahan yang paling difavoritkan untuk atap rumah berdesain minimalis adalah genteng, sebab akan jauh lebih baik dalam menahan panas. Di Indonesia sendiri...
admin
1 min read